Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Air Galon Pada Depot Air Metro RO (AIR OGSI)
Kata Kunci:
Marketing Strategy, Increase SalesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penjualan air galon di Depot Air Metro RO (Air OGSI) yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Papua Merauke. Depot ini menghadapi tantangan dalam meningkatkan pangsa pasar dan mempertahankan pelanggan di tengah persaingan yang ketat. Studi ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, termasuk kualitas produk, layanan pelanggan, dan promosi. Metode yang digunakan adalah Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara sedangkan analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Data yang diolah akan berdasar pada hasil rekapitulasi 65 jawaban responden berdasarkan Bauran Pemasaran yang kemudian akan disajikan dalam diagram sederhana. Penerapan strategi pemasaran yang terintegrasi dan adaptif akan membantu Depot Air Metro RO (Air OGSI) dalam menghadapi tantangan pasar dan meningkatkan penjualan air galon secara signifikan. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi pengelola depot dalam merumuskan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.
Referensi
Ida, Teguh & Dwi. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu”. JURNAL Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi Vol. 19, No. 01, Januari 2021 ISSN : 1412-5331
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016), Marketing Management, Edisi: 15e, United States of America: Pearson Education.
Kotler, Phillip dan Gary Amstrong (2018), Principle of Marketing, Edisi: 17, United States of America: Pearson Education.
Armstrong, M., & Taylor, S. (2019). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.