Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Bus Pada PO Piposs Mamuju
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Penjualan Tiket, Analisis SWOTAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan tiket Bus pada PO. Piposs Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Banana Blues Mamuju dengan informan penelitian adalah adalah karyawan dan penumpang PO Piposs Mamuju. Data hasil wawancara dianalisis dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang baik dilakukan oleh PO Piposs Mamuju dalam meningkatkan penjualan tiketnya adalah dengan meningkatkan pelayanan dan fasilitas Bus untuk memberikan kenyaman sehingga mampu memenuhi minat masyarakat yang tinggi terhadap sarana transportasi Bus provinsi, kemudian memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang dalam melakukan kegiatan promosi, meningkatkan modal agar mampu berinovasi pada armada bus yang lebih bagus dalam menghadapi pertumbuhan penduduk yang mengalami peningkatan yang juga berdampak pada permintaan sarana transportasi bus serta meningkatkan ketepatan waktu pemberangkatan dan waktu tiba di kota tujuan agar bus tidak kehilangan penumpang yang bekerja
Referensi
Adila, Ulfa. 2023. Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tiket. Vol. 20 No 3. ISSN 0216 7743.
Afifah, H, dkk. 2023. Pemasaran Jasa. Purwokerto:Jawa Tengah.
Amalia, U. A. 2019. Manajemen Strategi BMT Al_Ittihad Rumbai Pesisir Dalam Menghadapi Pesaing Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Ayesha, I. Pratama, dkk. 2022. Digital Marketing Tinjauan Konseptual.
Padang : PT. Global Eksekutif Teknologi.
Dewi, K. 2021. Teknik Analisa. Bandung: CV. Alfabeta.
Fakhrudin, A. dkk. 2022. Bauran Pemasaran. Yogyakarta:Deepublish Publisher.
Fattah, A. N. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Harfa Creative.
Fatihudin, D. Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa. Yogyakarta. CV. Budi Utama.
Hendrawan. S. 2019. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Po Harapan Jaya Di Tulungagung. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Hidayah, dkk. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan
Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungi). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi. Vol 19 No. 1 E- ISSN 2716-2532.
Hikmawati, F. 2020. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Idayanti, Desi. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 1 No 1.
Irawan, D. 2019. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Dalam Perspektif Islam. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Irdhayanti, M. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Rafli Desa Tarailu Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. Vol 1 No 2.
Masrullah. 2023. Pengaruh Strategi Kepemimpinan Biaya Dan Diferensiasi Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Industri Pakaian Sutra Kabupaten Wajo BNI. Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol. 5. No. 2. E-ISSN 2714-6340.
Melmambessy, D., & Fitriani, F. (2023). Fasilitas dan Daya Tarik Terhadap Kunjungan Wisata Di Pantai Hamadi. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 14(1), 64-73. https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos/article/view/5102
Mimin, Y. 2022. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA). Vol 14 No 2.
Rahma. N. 2021. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Busana Muslim Pada Butik Mahda Collection Di Kota Palopo. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Prayitno, A. dkk. 2019. Strategi Bersaing Dalam Perspektif Militer dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sitio, Simamora. 2019. Strategi Pemasaran UMKM. Banten: Stkip Mutiara Banten.
Sunarsi, P. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pascal Books. Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, A., Ohorela, M., & J.K. Muguri, F. (2024). Analisis Rasio Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Tempo Scan Pasific Tbk. Jurnal Ekonomi, Pendidikan Dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 2(1), 11–14. Diambil dari https://ejurnal.itbkpp.ac.id/index.php/JEP3D/article/view/28
Sunaryo, A. S., Toatubun, N. T., Thane, S. T., & Ohorela, M. O. (2024). Pengaruh Inventarisasi Aset Terhadap Optimalitasi Pemanfaatan Aset Pemerintah Provinsi Papua. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 61–65. https://ejurnal.stie-portnumbay.ac.id/index.php/jeb/article/view/251
Syarifudin, Mandey. 2022. Sejarah Pemasaran & Strategi Bauran Pemasaran. Yogyakarta: CV. Istana Agency.
Wiswasta, dkk. 2018. Analisis SWOT Kajian Perencanaan Model, Strategi dan Pengembangan Usaha). Denpasar: Unmas Press.
Yulius, Yudi. 2023. Pengantar Strategi Pemasaran Jasa. Bandung: Widina Media Utama.