Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua)
Kata Kunci:
Model pembelajaran berbasis Proyek, Bahasa Inggris, Perguruan tinggi, Kemampuan berbahasa Kolaborasi, Pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Bahasa Inggris di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan partisipan dari mahasiswa dan dosen pengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis Bahasa Inggris, serta memperkuat kemampuan mereka dalam berkolaborasi dan memecahkan masalah. Selain itu, implementasi model ini juga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar mahasiswa, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih berarti dan mendalam.
Referensi
Fives, H., & Buehl, M. M. (2012). Springboarding: A case for teaching academic vocabulary through improvisation in a project-based learning environment. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 56(2), 129-138.
Gruba, P., & Hinkelman, D. (2017). Project-based learning in second language acquisition. Language Learning & Technology, 21(2), 1-12. Basu Swasta DH, dan Irawan, 2005:10. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Krajka, J., & Pieszko, M. (2019). Project-based learning as an effective method for teaching English as a foreign language. Journal of Language and Cultural Education, 7(3), 80-97.
Stoller, F. L. (2015). Project-based language learning: An overview. In F. L. Stoller & M. B. Bievenue (Eds.), Fluency and its teaching (pp. 207-223). Bristol, UK: Multilingual Matters.
Willis, J., & Willis, D. (2017). Doing task-based teaching (2nd ed.). Oxford, UK: Oxford University Press.
Zhang, Q. (2018). A project-based approach to teaching English as a foreign language in Chinese higher education. Higher Education Research & Development, 37(7), 1351-1364.
Zoghi, M., & Takrimi, M. R. (2016). The impact of project-based learning on EFL learners' speaking skills. International Journal of Instruction, 9(2), 139-154.