Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha: Studi Kasus Penduduk Di Sentani, Provinsi Papua
Kata Kunci:
Proyeksi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Minat BewirausahaAbstrak
Berwirausaha bukanlah suatu hal yang gampang, namun dalam hal ini, bewirausaha perlu memperhatikan hal-hal yang menjadi pendukung dalan kegiatan berbisnis. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat berwirausaha. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 orang dengan menggunakan teknik sampling. Hasil analisis data bahwa, proyeksi pendapatan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Hasil uji simultan menunjukan bahwa, proyeksi pendapatan, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan berpengaru secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
Referensi
Adhitama, P. P., & ARIANTI, F. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP, Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Ajat Sudrajad, 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter. Alma Buchari, 2010. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta Alma Buchari, 2011, manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, cetakan kesembilan, Alfabeth, bandung.
Adityaromantika, 2010. Minat(Online).Tersedia:http://adityaromatika.blogspot.co.id/2010/12/minat.html. Dr. Basrowi 2011. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Penerbit Ghalia. Azhar susanto, 2008. Sistem Informasi Akuntansi, Bandung: Lingga Jaya. Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi: Yogyakarta. Ferdinand. 2011. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka. Jakarta. Ferdinan, Agusty, 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bp Universitas Diponegoro. Semarang. Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang. Diponegoro. Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Aksara Handoko, T.hani. 2011. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE Hariyati, N 2012. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta: Bumi Aksara. Hariani. 2013. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen. Minat Beli Konsumen Terhadap Gas LPG. Hendarwan, D. (2018). Menumbuhkan jiwa, perilaku dan nilai kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian bisnis. Mbia, 17(2), 59-68. Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah.CAPS (Central Of Academic Publishing Service).Yogyakarta. Indriantoro, Nur, Supomo, Bambang, 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE. Irwan Darmesta. 2014. Pemuasan Kebutuhan Konsumen. Jelatu, H., & Jewaru, M. (2024). OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI Sinergi Fasilitas Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Kerjaa. AMERTA MEDIA. Jelatu, H., Maria, L., & Martin, J. (2023). The Influence of Level of Education, Training and Work Discipline on the Performance of Forestry Officials in Makassar. Journal Markcount Finance, 1(1), 47-59. Jelatu, H. (2023). The Influence Of Work Facilities And The Quality Of Human Resources On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable In The Population And Civil Registration Services Of Manggarai, East Manggarai And Manggarai West Districts. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 16-25. Jelatu, H., & Ibrahim, I. A. (2024). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Kreatif Karyawan Melalui Teamwork dan Komitmen Kerja. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1816-1827. Jelatu, H., & Septikasari, D. 2024. Berwirausaha Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran. Ruang Karya Koranti, K. 2013. Analisis Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha, Prosiding Pesat, 5. Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Prenhalindo. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler dan Keller. 2017. Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Person. Maulita, M., Adham, M., & Azizah, A. (2019). Analisis Pengaruh Beban Usaha dan Pendapatan Usaha Terhadap Laba Perusahaan Pada PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk. Sebatik, 23(2), 330-336. Machfoedz, Mahmud 2015, Pengantar Pemasaran Moderen, Yogyakarta: UPP AMP. Nailul Kharomah. 2017. Strategi Pemasaran Upaya Menarik Minat Pembeli. Multi Mart Simbarwaringin. Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta. Graha Ilmu. Rini Istutiana. 2010. Strategi Pemasaran Rumah Makan. Etika Bisnis Islam. Sevy Harni Prashanti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Sembako. Punggur Lamapung Tengah. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharyono, S. (2017). Sikap dan perilaku wirausahawan. Ilmu dan Budaya, 40(56). Subanr, Harimurti, 2001. Manajemen Usaha (edisi revisi 1) Yogyakarta BFEE. Suryana, 2014. Kewirausahaan. Bandung: ARMICO. Suryana (2013:28), Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat. Suryana, 2011. Kewirausahaan Pedoman Praktis.: Kiat Dan Proses Menju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Susanto, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Supardi, 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada Syah, Muhibbin, 2012. Psikologi Belajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Webster dan Wind. 2013. Personal Selling and Sale Management. Jurnal Akademi di Marketing Sains. Winarto, H. (2011). Strategi pemasaran. Jurnal Ekonomika Universitas Wijayakusuma Purwokerto, 14(3), 23137. Widodo, Prasetyo Budi and Diana Rusmawati. Studi Korelasi Konsep Diri Dan Keyakinan Diri Dengan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi FK UNDIP Semarang. 2004. Yuniarto, A.Y. 2004. Minat Mahasiswa Peserta Matakuliah Kewirausahaan Di Jurusan Manajemen FE USD Untuk Berwirausaha, Jurnal Antisipasi,8.1. Yohnson, Y 2003. Peranan Universitas Dalam Memotivasi Sarjana Menjadi Young Entrepreneurs (Seri Penelitian Kewirausahaan). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal Of Management And Entrepreneurshi)), 2003,5.2:97-111.