EFEK BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

(STUDI KASUS KONSUMEN DI SENYUM 5000 SENTANI PAPUA)

Penulis

  • Herman Jelatu Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua

Kata Kunci:

Produk, Harga, Tempat, Promosi

Abstrak

Meningkatanya pembeli atas produk yang ditawarkan merupakan tujuan dari semua perusahaan atau bidang usaha lain. Dalam hal ini, setiap konsumen mempunya cara menilai yang berbeda-beda dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui efek bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan. Obyek penelitian di Senyum 5000 sentani papua dengan jumlah sampel sebanyak 114 konsumen, dengan teknik sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 59 konsumen. Hasil data menunjukan bahwa data terdistribusi valid, reliable dan normal. Analisis regresi linear berganda bahwa produk, harga, tempat dan promosi memberikan peran yang positif terhadap keputusan pembelian. Uji parsial menunjukan bahwa secara parsial dan simultan, produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai r-square sebesar 82,9%, selebihnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Referensi

Ardian, N. 2019. Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPB. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 4(2), 119 – 132. Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi: Yogyakarta. Ferdinand. 2011. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka. Jakarta. Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang. Diponegoro. Hariani. 2013. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen. Minat Beli Konsumen Terhadap Gas LPG. Irwan Darmesta. 2014. Pemuasan Kebutuhan Konsumen. Jelatu, H., & Jewaru, M. (2024). OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI Sinergi Fasilitas Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Kerjaa. AMERTA MEDIA. Jelatu, H., Maria, L., & Martin, J. (2023). The Influence of Level of Education, Training and Work Discipline on the Performance of Forestry Officials in Makassar. Journal Markcount Finance, 1(1), 47-59. Jelatu, H., & Jewaru, M. (2024). OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI Sinergi Fasilitas Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Kerjaa. AMERTA MEDIA. Jelatu, H. (2023). The Influence Of Work Facilities And The Quality Of Human Resources On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable In The Population And Civil Registration Services Of Manggarai, East Manggarai And Manggarai West Districts. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 16-25. Jelatu, H., & Ibrahim, I. A. (2024). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Kreatif Karyawan Melalui Teamwork dan Komitmen Kerja. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1816-1827. Jelatu, H., & Septikasari, D. 2024. Berwirausaha Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran. Ruang Karya Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Prenhalindo. Jakarta.

Nailul Kharomah. 2017. Strategi Pemasaran Upaya Menarik Minat Pembeli. Multi Mart Simbarwaringin. Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta. Graha Ilmu. Rini Istutiana. 2010. Strategi Pemasaran Rumah Makan. Etika Bisnis Islam. Sevy Harni Prashanti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Sembako. Punggur Lamapung Tengah. Kotler dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler dan Keller. 2017. Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Person. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2019. Manajemen Pemasaran Edisi Ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Webster dan Wind. 2013. Personal Selling and Sale Management. Jurnal Akademi di Marketing Sains. Wijayanti, R. F., Evelina, T.Y., & Budiarti, L. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Pembelian Produk Private Label. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(2), 161 – 166.

Diterbitkan

09-07-2024

Cara Mengutip

Jelatu, H. (2024). EFEK BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: (STUDI KASUS KONSUMEN DI SENYUM 5000 SENTANI PAPUA). Jurnal Ekonomi, Pendidikan Dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(1), 36–44. Diambil dari https://ejurnal.itbkpp.ac.id/index.php/JEP3D/article/view/22

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 1 NOMOR 1 Desember 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama