PENDAPATAN USAHA DIPENGARUHI OLEH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI PEMASARAN
Kata Kunci:
Perilaku Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, Pendapatan UsahaAbstrak
Tinggi rendahnya pendapatan suatu usaha, tentu akan memberikan dampak bagi pelaku bisnis. Usia bisnis tentu akan terjamin, jika pelaku bisnis mengetahui perilaku berwirausaha dan strategi pemasaran. Dalam hal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku kewirausahaan dan strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha. Obyek penelitian ini adalah 11 Unit Konter, dengan penentuan sampel menggunakan sampel jenuh. Hasil analisis data menunjukan bahwa, pengujian validitas, data terdistribusi valid. Pengujian reliabilitas, data terdistribusi reliable. Pengujian normalitas, data terdistribusi normal. Hasil uji parsial menunjukan, pendapatan usaha secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan dan strategi pemasaran. Uji simultan menunjukan, pendapatan usaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh perilaku kewirausahaan dan strategi pemasaran.
Referensi
Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi: Yogyakarta. Ferdinand. 2011. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka. Jakarta. Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang. Diponegoro. Hariani. 2013. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen. Minat Beli Konsumen Terhadap Gas LPG. Hendarwan, D. (2018). Menumbuhkan jiwa, perilaku dan nilai kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian bisnis. Mbia, 17(2), 59-68. Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah.CAPS (Central Of Academic Publishing Service).Yogyakarta. Irwan Darmesta. 2014. Pemuasan Kebutuhan Konsumen. Jelatu, H., & Jewaru, M. (2024). OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI Sinergi Fasilitas Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Kerjaa. AMERTA MEDIA. Jelatu, H., Maria, L., & Martin, J. (2023). The Influence of Level of Education, Training and Work Discipline on the Performance of Forestry Officials in Makassar. Journal Markcount Finance, 1(1), 47-59. Jelatu, H. (2023). The Influence Of Work Facilities And The Quality Of Human Resources On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable In The Population And Civil Registration Services Of Manggarai, East Manggarai And Manggarai West Districts. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 16-25. Jelatu, H., & Ibrahim, I. A. (2024). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Kreatif Karyawan Melalui Teamwork dan Komitmen Kerja. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1816-1827. Jelatu, H., & Septikasari, D. 2024. Berwirausaha Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran. Ruang Karya Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Prenhalindo. Jakarta. Kotler dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler dan Keller. 2017. Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Person. Maulita, M., Adham, M., & Azizah, A. (2019). Analisis Pengaruh Beban Usaha dan Pendapatan Usaha Terhadap Laba Perusahaan Pada PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk. Sebatik, 23(2), 330-336.
Nailul Kharomah. 2017. Strategi Pemasaran Upaya Menarik Minat Pembeli. Multi Mart Simbarwaringin. Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta. Graha Ilmu. Rini Istutiana. 2010. Strategi Pemasaran Rumah Makan. Etika Bisnis Islam. Sevy Harni Prashanti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Sembako. Punggur Lamapung Tengah. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharyono, S. (2017). Sikap dan perilaku wirausahawan. Ilmu dan Budaya, 40(56). Webster dan Wind. 2013. Personal Selling and Sale Management. Jurnal Akademi di Marketing Sains. Winarto, H. (2011). Strategi pemasaran. Jurnal Ekonomika Universitas Wijayakusuma Purwokerto, 14(3), 23137.