Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan : Studi Kasus Depot 99 Sentani
Kata Kunci:
Kualitas, Pelayanan, Distribusi, Promosi, PenjualanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas, distribusi, pelayanan, promosi terhadap Penjualan Air Minum Pada Depot 99 Sentani. Populasi dalam penelitian ini 147 orang dengan teknik pengampilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 60 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji-t). Berdasarkan model regresi linear berganda yang peroleh dari hasil analisis yaitu Y= 12,354 + 0,087X1 + (-0,062)X2 + 0,288X3 + (-0,093). Diketahui bahwa variabel kualitas dan pelayanan berpengaruh positif terhadap penjualan air minum pada depot 99 Sentani. Tetapi variabel distribusi dan promosi berpengaruh secara negatif terhadap penjualan air minum pada depot 99 Sentanif. Hasil uji parsial menunjukan bahwa variabel kualitas dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Variabel distribusi dan promosi berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap penjualan air minum pada depot 99 sentani.
Referensi
Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers. Assauri, Sofjan. (2017). Strategic Management (sustainable competitive Advantages). Cetakan ke-3. PT. Rajagrafingo Persada. Depok. Buchari Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Buchari Alma. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Jelatu, H., & Jewaru, M. (2024). OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI Sinergi Fasilitas Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Kerjaa. AMERTA MEDIA. Jelatu, H. (2023). The Influence Of Work Facilities And The Quality Of Human Resources On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable In The Population And Civil Registration Services Of Manggarai, East Manggarai And Manggarai West Districts. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 16-25. Jelatu, H., & Septikasari, D. 2024. Berwirausaha Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran. Ruang Karya. Jelatu, H. (2023). Pendapatan Usaha Dipengaruhi Oleh Perilaku Kewirausahaan Dan Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(1), 32-38. Jelatu, H. (2022). Efek Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian:(Studi Kasus Konsumen Di Senyum 5000 Sentani Papua). Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(1), 36-44. Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo. Jakarta.
Non, R. H., & Jelatu, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha: Studi Kasus Penduduk Di Sentani, Provinsi Papua. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 64-69. Nitisusastro, Mulyadi. (2017). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Sedarmayanti. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama. Sumarni, Marni. (2016). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty. Winardi. (2016). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.