Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Kosumen Dalam Melakukan Pembelian Secara Online (Studi Kasus) Pada Mahasiswa STIE-PI Makassar

Penulis

  • Henny Nur Intan Qomala Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua

Kata Kunci:

Faktor Psikologis, Kemudahan, Motivasi Hedonik, Kualitas Informasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan; 1)Untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis, kemudahan, motivasi hendoik, dan keualitas informasi secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli secara online pada mahasiswa STIE PI Makassar. 2)Untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis, kemudahan, motivasi hedonik, dan kualitas informasi secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli secara online pada mahasiswa STIE PI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik insidental sampling. Data dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial, Uji Simulta, dan Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan Model Regresi Linear Berganda yang diperoleh hasil analisis yaitu: Y= 31,425 + 0,093X1 + 0,639X2 + 0,055X3 + (-0,169)X4, diketahui bahwa variabel faktor psikologis, kemudahan, motivasi hedonik berpengaruh dalam melakukan pembelian secara online. Variabel kualitas informasi berpengaruh negatif dalam melakukan pembelian secara online. Dimana nilai t-hitung variabel faktor psikologis belih kecil dari t-tabel ( 0,472 < 1,687) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,005 (0,640 > 0,005). Variabel kemudahan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,990 > 1,687) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,005 (0,004 < 0,005). Variabel mottivasi hedonik nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (0,319 < 1,687) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf singnifikansi 0,005 (0,752 > 0,005). Variabel kualitas informasi nilai t-hitung lebh kecil dari t-tabel (-0,862 < 1,687) dengan nilai signifikansi (Sig) lebih besar dari 0,005 (0,394 > 0,005). Hasil uji simultan menunjukan bahwa, variabel independen berpengaruh positif dan tidak seignifikan, dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel tabel (2,354<2,63) dan nilai signifikansi lebih besar dari nilai signifikan yang disayaratkan 0,005 (0,072 > 0,05). Dengan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) sebesar 20,3% artinya variabel independen sangat lemah pengaruhnya terhadap variabel dependen.

Referensi

Adnan, H. ( 2014). An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers. International Jurnal of Marketing Studies,6(5),133-148. Pakistan: Canadian Center of Science and Education.

Adnan, M. A, Barbara, G., dan Ratri, C. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Growth, dan Free Cash Flow terhadap Devident Payout RatioPerusahaan dengan mempertimbangkan Corporate Governance sebagai Variabel Intervening. JAAI. Vol. 18. No. 2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Afandy, T., Kumadji, S., & Yaningwati, F. (2014). Pengaruh faktorpsikologis terhadap keputusan pembelian (survei pada mahasiswa fakultas ilmu administrasi jurusan administrasi bisnis Universitas Brawijaya Malang yang memutuskan membeli handphone merek nokia). Jurnal Administrasi Bisnis15(1), 1–10.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Edwin Gnanadhas. 2014. Belanja Online. Diakses 21 april pukul 13:42 WITA.]

Elissa, Ingge dan Mujiyana. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. Jurnal Ekonomi Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Forsythe et al. 2014. Motivasi Hendoik. (https;//core.ac.uk) Diakses 21 April pukul20:36 WITA.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiawan, Anandya Cahya. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Semarang:Universitas Diponegoro, Skripsi tidak Diterbitkan. Diakses 6 Juni 2017, pukul 07.00 WIB.

Jelatu, H., Maria, L., & Martin, J. (2023). The Influence of Level of Education, Training and Work Discipline on the Performance of Forestry Officials in Makassar. Journal Markcount Finance, 1(1), 47-59.

Jelatu, H. (2023). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Cengkeh (Studi Kasus Di Mano Kecamatan Poco Ranaka Kabupaten Manggarai Timur). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 1-7.

Iswara, Jodi. "Pengaruh Kualitas Web Okezone. Com Terhadap Kepuasan User (Studi Pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Lampung Angkatan 2014-2015)." (2018).

Kolter dan Amstrong .2012. Bauran pemasaran.(http;//library.binus.ac.id) Diakes 21 april pukul 13:14 WITA.

Kolter dan Keller dalam priansa. 2017. Bauran pemasaran.(https;//repository.bsi.ac.id) diakses 22 april pukul 16:44 WITA.

Kolter dan keller. 2016. Marketing mix.( htt;de.blogspot.com) Diakses 20 april pukul 20:40 WITA.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.Yogyakarta

Peter dan Olson. 2014.e-commerce.(http;//repository. Telkomuniversity.ac.id.) Diakses 21 aprip pukul 13:12 WITA.

Sari. 2015. Belanja online. (https://ojs.unimal.ac.id) Diakses 21 april pukul 13:13 WITA.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tatik Suryani., 2013., Perilaku Konsumen di Era Internet, Graha Ilmu,.

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

Nur Intan Qomala, H. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Kosumen Dalam Melakukan Pembelian Secara Online (Studi Kasus) Pada Mahasiswa STIE-PI Makassar. Jurnal Ekonomi, Pendidikan Dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 26–37. Diambil dari https://ejurnal.itbkpp.ac.id/index.php/JEP3D/article/view/17

Terbitan

Bagian

Jurnal Volume 1 Nomor 2 Desember 2023