Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penggunaan Aplikasi GeoGebra Pada Materi Geometri Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Penulis

  • Henny Nur Intan Qomala Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua

Kata Kunci:

Pengembangan Bahan Ajar, Aplikasi GeoGebra, Materi Geometri SMP, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Pengembangan bahan ajar matematika berbasis penggunaan aplikasi GeoGebra, bertujuan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi Geometri pada tingkat SMP. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan siswa untuk mempelajari materi Geometri seperti bangun ruang, dimana siswa bisa mengamati secara langsung bentuk bangun ruang secara nyata, melihat unsur-unsur pembentukan bangun ruang, menghitung luas permukaan dan volumenya. Hasil keluaran dari penelitian ini adalah suatu bahan ajar matematika berbasis penggunaan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan R&D (Research and Development), yang dilakukan melalui langkah-langkah penelitian dan pengembangan level 4 yaitu meneliti dan menguji dalam menciptakan produk baru. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jayapura sebagai subjek penelitian pada uji coba bahan ajar untuk materi bangun ruang sisi datar Kubus dan Balok. Data dikumpulkan menggunakan wawancara analisis kebutuhan, Lembar Kerja Kelompok (LKK), tes awal/tes akhir yang berbentuk tes tulis uraian, dan lembar pengamatan terhadap guru dalam proses pembelajaran menggunakan bahan ajar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan berada pada kategori layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa penggunaan aplikasi GeoGebra dapat memudahkan siswa dalam memahami materi geometri yang dipelajari dan dapat mendukung hasil belajar siswa.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bulut Mehmet, Hanife Ünlütürk Akçakın dan Gürcan Kaya. 2016. The Effects of GeoGebra on Third Grade Primary Students’ Academic Achievement in Fractions. International Electronic Journal of Mathematics Education, Volume 11 Issue 2, pp. 347-355.

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mendikdasmen, Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Materi Pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: BP Cipta Jaya.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FIP /JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf), diakses 15 Januari 2018

Hohenwarter, M dan K. Fuchs. 2004. Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System GeoGebra. (Online), (http://archive.geogebra. org/static/publications/pecs_2004.pdf), diakses 15 Januari 2018.

Lestari, Indri. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 01 Mei 2018.

Lumbantobing, Happy. 2018. The Effect of Interactive Computer Program on Student Accomplishment in Teaching Trigonometry. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Volume 42, No. 3, Hal. 33-48.

Lumbantobing, Happy dan Dewi K. F. N. Tyas. 2018. Pelatihan GeoGebra pada Siswa-Siswi Kelas X SMA Negeri 3 Jayapura. Universitas Cenderawasih.

Mahmudi, A. 2010. Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Makalah dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny. ac.id/10483/1/P6Ali%20M.pdf), diakses 15 Januari 2018.

Nur, Isman M. 2016. Pemanfaatan Program GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5, No. 1.

Nursyam. 2009. Panduan Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi. Jakarta: SMAN 78.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pembelajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahyubi, Heri. 2014. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Musa Media.

Sadjati, Ida Malati. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-62. ISBN 9790110618.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenada Media.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangani. Bandung: Alfabeta.

Tatar, E. 2012. The Effect of Dynamic Mathematics Software on Achievement in Mathematics: The Case of Trigonometry. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies. 4 (1), 459-468

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zengin, Y., H. Furkan, dan T. Kutluca. 2012. The Effect of Dynamic Mathematics Software GeoGebra on Student Achievement in Teaching of Trigonometry. Procedia-Social and Behavioral Sciences 31 (2012). Pp. 183-187.

Diterbitkan

11-07-2023

Cara Mengutip

Nur Intan Qomala, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penggunaan Aplikasi GeoGebra Pada Materi Geometri Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Ekonomi, Pendidikan Dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(1), 1–7. Diambil dari https://ejurnal.itbkpp.ac.id/index.php/JEP3D/article/view/9

Terbitan

Bagian

Jurnal Volume 1 Nomor 1 Juli 2023